Pengertian Dan Sejarah PHP (Hypertext Preprocessor)

Tema artikel kali ini yaitu tentang pengertian PHP, nah pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian, sejarah, kelebihan dan kekurangan dari PHP, bagi anda yang berkecimpung didunia web developer pasti sudah tidak asing lagi dengan bahasa atau istilah PHP. Artikel kali ini saya akan tujukan kepada web developer yang masih awam / baru masuk didunia pemrograman dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang PHP.


A.Pengertian PHP (PHP Hypertext Preprocessor)

   PHP adalah singkatan atau kependekan dari PHP Hypertext Preprocessor yang merupakan sebuah bahasa scripting tingkat tinggi yang dipasang pada dokumen HTML (HyperText Markup Language), sebagian sintax dalam php mirip dengan bahasa C, Java dan Perl, namun pada PHP ada beberapa fungsi yang spesifik. Pengertian PHP adalah bahasa pemrograman web server-side yang bersifat open source. PHP merupakan script yang digunakan untuk membuat halaman website yang dinamis. Dinamis berarti halaman yang akan ditampilkan atau dibuat saat halaman tersebut diminta oleh client. Mekanisme ini menyebabkan informasi yang diterima client selalu yang terbaru atau up to date. Semua script PHP dieksekusi pada server dimana script tersebut dijalankan.

B.Sejarah PHP (PHP Hypertext Preprocessor)

   Berbicara tentang PHP pasti masih banyak yang belum tahu tentang perkembangan PHP dari masa ke masa hingga sampai sekarang ini, sekarang saya akan menjelaskan tentang sejarah php. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf, seorang programmer C. pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreter), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. Jadi semula PHP digunakannya untuk menghitung jumlah pengunjung didalam webnya.
   Kemudian ia mengeluarkan Personal Home Page (PHP)Tools versi 1.0 secara gratis. Versi ini pertama kali keluar pada tahun 1995. Isinya adalah sekumpulan script PERL yang dibuatnya untuk membuat halaman webnya menjadi dinamis. Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI, kependekan dari Hypertext Preprocessor / Form Interpreter.
   Pada tahun 1997 PHP Tools versi 2.0 dirilis. Pada versi ini sudah terintegrasi dengan bahasa pemrograman C dan dilengkapi dengan modulnya sehingga kualitas kerja PHP meningkat secara signifikan. Pada tahun ini pula sebuah perusahaan yang bernama ZEND Merilis ulang PHP dengan lebih bersih, baik, dan lebih cepat. Lalu pada tahun 1998 tepatnya pada tanggal 6 Juni 1998 dirilisnya PHP Tools versi 3.0 oleh Rasmus dan kelompok pengembang softwarenya.
   PHP Tools versi 4.0 dirilis pada tahun 1999. PHP versi ini paling banyak digunakan pada awal abad ke-21 karena sudah mampu membangun web komplek dengan stabilitas kecepatan yang tinggi.
   Lalu pada tahun 2004 Zend merilis PHP Tools versi 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.
   Kini PHP  Tools sudah ada pada versi 6, pada versi ini PHP sudah support untuk Unicode, dan memiliki banyak fitur penting lainnya yang telah ditambahkan ke dalam PHP 6, diantaranya sebagai berikut :
  • Support Unicode, Dukungan terhadap penggunaan Unicode telah ditambahakan, sehingga lebih mudah untuk membangun dan memelihara aplikasi.
  • Perbaikan keamanan.
  • Fitur dan Kontruksi baru, Sejumlah fitur sintax baru ditambahkan, seperti 64 Bit Integer Type, membangun perulangan untuk array multidimensi, serta dukungan untuk labeled breaks.

C.Kelebihan PHP

  1. PHP lebih mudah untuk dikembangkan karena banyak sekali forum yang secara khusus membahas tentang pemrograman PHP ini .
  2. PHP lebih mudah untuk dipahami, pada sebagian sintax-sintax programnya menggunakan bahasa inggris .
  3. PHP adalah bahasa pemrograman yang bersifat open source dan multi platform. Ini berarti PHP bisa menjalankan berbagai sistem operasi seperti windows, unix, linux, macintosh, dll.
  4. Web server yang mendukung PHP mudah ditemukan.

Seorang anak dari Purworejo yang berusaha ingin mengembangkan blognya dengan pelajaran yang sudah diterimanya disekolah.

13 Responses to "Pengertian Dan Sejarah PHP (Hypertext Preprocessor)"