Pengertian Dan Fungsi RAM

Tema artikel kali ini yaitu Pengertian dan Fungsi RAM, nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian, fungsi, dan jenis-jenis RAM. RAM adalah Random Acces Memory, RAM merupakan bagian yang penting dalam komputer, jika komputer tanpa RAM maka komputer tersebut tidak akan hidup.

1.Pengertian RAM(Random Access Memory)

   RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. RAM juga sering disebut sebagai memori utama. RAM merupakan suatu tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap dan tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori, ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, dimana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan. Struktur RAM dibagi menjadi 4 yaitu :
  1. Input Storage, berfungsi untuk menampung input atau masukan yang dimasukan dari alat input.
  2. Program Storage, berfungsi sebagai penyimpanan intruksi program yang akan diakses.
  3. Working Storage, berfungsi sebagai penyimpan data yang akan diolah dan hingga menjadi sebuah hasil pengolahan.
  4. Output Storage, berfungsi sebagai penampung hasil akhir dari data yang akan ditampilkan ke perangkat output. 

2.Fungsi RAM (Random Access Memory)

   Fungsi RAM adalah mempercepat pemrosesan data pada PC atau komputer, semakin besar RAM yang dimiliki maka akan semakin cepat pula kinerja komputer tersebut. RAM bisa mempercepat kinerja dari komputer, sebab RAM menyediakan ruang penyimpanan sementara untuk komputer, dalam menyimpan data-data yang mudah diambil sehingga dapat mempercepat loading data serta program yang diakses. Adapun fungsi lain sebagai berikut : 
  • Membantu penggunaan multitasking dalam komputer.
  • Sebagai pengukur atau patokan spesifikasi dari suatu komputer tersebut.

3.Jenis-Jenis RAM (Random Access Memory)

   Berikut ini jenis-jenis RAM, Diantaranya sebagai berikut :

Contoh/Ilustrasi Bentuk RAM
  • RAM (Dynamic RAM) adalah suatu jenis dari RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU (Central Processing Unit) supaya data yang terkandung didalamnya tidak menghilang.
  • SDRAM adalah singkatan dari "Synchronous Dynamic Random Access Memory" jenis dari RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM akan tetapi telah disinkronisasi oleh clock sistem dan mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan DRAM.
  • DDR RAM adalah singkatan dari "Double Data Rate Random Access Memory". DDR RAM sering disebut juga dengan DDR SDRAM atau cuma DDR saja. Jenis memori ini merupakan teknologi terusan atau kelanjutan dari SDRAM. Ada juga kelanjutannya DDR2 (Double Data Rate Generation 2 RAM) dan juga DDR3 (Double Data Rate Generation 3 RAM), mungkin semakin kesini akan ada generasi barunya.
  • RDRAM adalah singkatan dari "Rambus Dynamic Random Access Memory" suatu jenis memori yang lebih cepat dan juga lebih mahal dari pada SDRAM. Memori ini bisa dipakai pada sistem yang menggunakan Pentium 4.
  • SRAM adalah singkatan dari "Static Random Access Memory" jenis memori yang ridak memerlukan penyegaran oleh CPU supaya data yang terkandung didalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM dari jenis ini mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan DRAM maupun SDRAM.
  • EDORAM adalah singkatan dari "Extended Data Out Random Access Memory", yaitu jenis dari memori yang dipergunakan pada sistem yang telah menggunakan Pentium. RAM jenis ini dapat menyimpan serta mengambil isi memori secara bersamaan, sehingga kecepatan baca maupun tulisnya menjadi agak lebih cepat.
Sekian dari saya mungkin itu materi mengenai "Pengertian dan Fungsi RAM" jika ada salah kata harap dimaklumi dan terimakasih telah membacanya, semoga dapat menambah wawasan kita mengenai RAM pada komputer.

Seorang anak dari Purworejo yang berusaha ingin mengembangkan blognya dengan pelajaran yang sudah diterimanya disekolah.

1 Response to "Pengertian Dan Fungsi RAM"