Pengertian dan Perbedaan IPv4 dan IPv6 Dalam Jaringan Komputer

  Tema artikel kali ini yaitu tentang Pengertian dan Perbedaan IPv4 dan IPv6 dalam Jaringan Komputer. Kali ini saya akan membahas dan menjelaskan tentang apa itu IPv4 dan IPv6, dan pastinya juga akan membahas perbedaanya juga.



Pengertian IPv4 dan IPv6

   Kalian pasti saat mensetting jaringan pasti agak bingung kenapa sih rata-rata jaringan menggunakan IPv4 kok tidak pakai IPv6, sebelum saya menjelaskan tentang IPv4 dan IPv6 mari kita cari tahu apa itu IP ? IP yaitu Internet Protocol Address adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan internet.

  • Pengertian IPv4
     
       IPv4 adalah sebuah jenis pengalamatan jaringan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP/IP yang menggunakan protokol IP versi 4. IP versi ini memiliki keterbatasan yaitu hanya mampu mengalamati sebanyak 4 miliar host komputer diseluruh dunia.
  • Pengertian IPv6

       IPv6 adalah protokol internet generasi baru yang menggantikan protokol versi sebelumnya yaitu IPv4. IPv6 dikembangkan oleh
    Internet Engineering Task Force (IETF). Tujuan utama diciptakan IPv6 karena keterbatasan ruang alamat di IPv4 yang hanya terdiri dari 32 bit. Paket Link Layer pada IPv6 harus mendukung ukuran paket 1280 Byte dan harus bisa menyusun kembali paket yang berukuran 1500 Byte.

Perbedaan IPv4 dan IPv6 

  • IPv4 mempunyai deretan angka 32 bit sedangkan IPv6 mempunyai lebih banyak deretan angka yaitu 128 bit.
  • IPv6 mempunyai alamat ip yang lebih besar.
  • Dalam IPv4 ketika sebuah host terhubung ke sebuah jaringan, konfigurasi dilakukan secara manual sedangkan dalam IPv6 memiliki fitur stateless auto configuration dimana ketika sebuah host terhubung ke sebuah jaringan, konfigurasi dilakukan secara otomatis.
  • IPv4 memakai mekanisme best effort untuk membedakan kebutuhan sedangkan IPv6 memakai mekanisme best level of effort yang memastikan kualitas layanan.
  • IPv4 memiliki sundulan checksum yang diperiksa oleh masing-masing switch (Perangkat Lapisan Ke-3), sehingga meningkatkan kelambatan, sedangkan IPv6 memiliki proses checksum tidak dilakukan ditingkat header, tapi end to-end. Header IPsec telah menjamin keamanan yang memenuhi syarat.
  • IPv4 memiliki routing kinerja yang menurun sejalan dengan pertumbuhan tabel routing. Penyebab pemeriksaan sundulan MTU di setiap router dan hop switch, sedangkan IPv6 memiliki kinerja routing yang jauh lebih efisien dari pendahulunya, IPv6 memiliki kemampuan untuk mengelola tabel routing yang besar.

KESIMPULAN

  Jadi kesimpulannya yaitu  IPv6 dibuat  untuk mengatasi jumlah IPv4 yang sudah hampir over. Oke sekian artikel dari saya semoga dapat membantu kalian dalam mencari tugas.

Seorang anak dari Purworejo yang berusaha ingin mengembangkan blognya dengan pelajaran yang sudah diterimanya disekolah.

0 Response to "Pengertian dan Perbedaan IPv4 dan IPv6 Dalam Jaringan Komputer"

Posting Komentar